AUDIO PRESENTATIONS

 

Sekolah Tinggi Teologi Injili Philadelphia

Expository Sermons on the Galatians

KHOTBAH EKSPOSITORI DARI KITAB GALATIA

Oleh Dr. W. A. Criswell

yang dipresentasikan kembali

Oleh Dr. Edi Purwanto

 

01 Manifesto Orang Kristen

 

Topik ini membahas tentang intisari dan pembagian Surat Galatia. Galatia Pasal 1-2 merupakan pembelaan otoritas kerasulan Paulus. Galatia Pasal 3-4 merupakan pembelaan otoritas Injil yang diberitakan oleh Rasul Paulus. Dan Pasal 5-6 merupakan aplikasi atau penerapan dari Injil yang merupakan manifesto orang Kristen.

 

Download langsung: Track01.wma

 

 

02 Iman Yang Pernah Ingin Ia Binasakan

 

Paulus menegaskan tentang independensi atau kekhususan panggilannnya. Bahwa bukan manusia yang memanggilnya dan memilihnya menjadi Rasul. Panggilan itu datang kepadanya melalui penyataan Kristus. Demikian juga sumber berita Injil yang diberitakannya juga ia terima langsung dari Kristus. Demi membela otoritas kerasulannya, Paulus juga menunjukkan keistimewaan pekerjaan dan pribadinya.

 

Download langsung: Track02.wma

 

03 Pembenaran oleh Iman

 

Pembenaran oleh iman adalah kunci Injil yang diberitakan oleh Rasul Paulus, yaitu bahwa kita diselamatkan oleh anugerah dan bukan oleh perbuatan-perbuatan atau usaha pekerjaan kita. Paulus telah menuliskan Injil itu di dalam surat kepada jemaat-jemaat di Galatia ini, yaitu jemaat-jemaat yang ia rintis pada perjalanan misinya yang pertama. Ia menulis surat ini dengan nada yang keras, dan seluruh komposisi buku ini bak halilintar.

 

 

Download langsung: Track03.wma

 

04 Perbedaan Denominasi

 

Ada karakteristik dari manusia yang tidak dapat dihilangkan, yaitu bahwa jika manusia diberi kebebasan, mereka akan tampil beda. Satu-satunya cara untuk membuat mereka sama atau mirip adalah hanya dengan suatu paksaan. Kesamaan itu tidak akan pernah terjadi dengan sendirinya. Di tengah-tengah banyaknya denominasi Kekristenan ini, sebaiknya sikap kita saling menghormati pendapat dan interpretasi orang lain. Dan tentunya kita juga harus membela dan menyakini apa yang kita percaya. Kita tidak mungkin percaya apa yang dipercayai orang lain yang berbeda dengan iman kita.

 

Download langsung: Track04.wma

 

05 Disalibkan Bersama Kristus 

 

Ketika Tuhan berkata pikullah salib, dan ketika Paulus menggunakan ekspresi yang lain dari Roh Kudus, yaitu Aku telah disalibkan bersama Kristus, apa yang Yesus dan Paulus bicarakan di sini adalah berhubungan dengan kematian.

 

Download langsung: Track05.wma

 

06 Yang Mempesona Orang-orang Galatia

 

Kata mempesona ini diterjemahkan dari bahasa Yunani ebaskanen, yang memiliki pengertian seorang penyihir yang menyihir mereka. Mata yang jahat telah menguasai mereka dan menarik mereka dari kebenaran. Para pengajar palsu telah menyihir mereka untuk meninggalkan kebenaran. Apakah Anda juga sedang tersihir olehnya?

 

Download langsung: Track06.wma

 

07 Kristus Juruselamat Dunia

 

Semua manusia berada di bawah kutuk hukum Taurat. Bagaimana agar kita terbebas dari kutuk dan hukuman? Kristus telah menanggung kutuk dan penghukuman menggantikan kita atau huper hemon di atas kayu salib. Sehingga Dia menjadi Juruselamat bagi dunia. Barangsiapa percaya kepada Dia, ia akan diselamatkan dari kutuk itu.

 

Download langsung: Track07.wma

 

08 Kutuk dan Salib

 

Apakah istimewanya salib kasar itu? Dan bahkan Paulus menulis demikian, Tetapi aku sekali-kali tidak mau bermegah, selain dalam salib Tuhan kita Yesus Kristus, sebab olehnya dunia telah disalibkan bagiku dan aku bagi dunia (Galatia 6:14). Salib itu telah menghiasi dan menginspirasi banyak puisi dan seni dan literatur dan khotbah.

 

Download langsung: Track08.wma

 

09 Doktrin Pembenaran

 

Pembenaran bukan berarti kita dibuat benar, namun dinyatakan benar. Allah menyatakan kita benar di dalam Kristus. Dalam presentasi ini Anda akan belajar tentang: (1) Etimologi dan definisi doktrin pembenaran; (2) Pertama-tama Tuhan berkenan kepada orangnya sebelum pada perbuatannya; (3) Doktrin pembenaran diri sendiri dari agama-agama palsu; (4) Doktrin pembenaran diri sendiri menjadikan penebusan Kristus menjadi sia-sia; (5) Keselamatan kita adalah oleh pembenaran penebusan Anak Allah.

 

Download langsung: Track09.wma

 

10 Diangkat Menjadi Anak dalam Keluarga Allah

 

Apakah keistimewaan menjadi anak adopsi atau diangkat menjadi anak Allah? Apakah pengertian dari diangkat atau diadopsi menjadi anak Allah? Dan berkat apa yang menyertai orang-orang yang diangkat menjadi anak Allah? Dengarkanlah audio ini dengan seksama untuk memperoleh jawaban-jawaban di atas.

 

Download langsung: Track10.wma

 

11 Dua Perjanjian

 

Bagian ini membahas dua gambaran perjanjian dalam Kitab Galatia. Paulus mengkiaskan Hagar dan Ismael, anak hamba sebagai kiasan perhambaan di bawah hukum Taurat, gunung Sinai. Dan Paulus mengkiaskan Sara dan Ishak, anak perjanjian sebagai perjanjian anugerah, Kalvari.

 

Download langsung: Track11.wma

 

12 Iman dan Kemerdekaan

 

Allah menyelamatkan dan memerdekakan kita hanya melalui iman di dalam Kristus. Mengapa Tuhan memilih cara ini untuk menyelamatkan kita? Jawabannya adalah (1) karena tidak ada cara lain; (2) Karena di sini Allah menunjukkan Diri-Nya sendiri sebagai pribadi (being) yang murah hati, penuh pengampunan, penuh kemurahan dan kelemahlembutan; (3) agar ini juga terbuka bagi semua orang.

 

Download langsung: Track12.wma

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

13 Salib Sebagai Batu Sandungan

 

Mengapa salib menjadi batu sandungan? (1) Karena salib adalah teguran bagi hati manusia yang telah rusak total; (2) Karena salib merupakan panggilan penyangkalan diri dan penolakan terhadap penghormatan dunia; dan (3) Karena salib diperkenalkan sebagai satu-satunya jalan keselamatan

 

Download langsung: Track13.wma

 

14 Jatuh dalam Pelanggaran

 

Ketika anak-anak kita diselamatkan, mereka telah dipertobatkan. Mereka telah dilahirkan kembali. Mereka menjadi orang Kristen. Namun, oh betapa banyak hal yang belum mereka pelajari, dan betapa banyak kesalahan yang mungkin mereka lakukan, dan betapa banyak pelanggaran dan kesalahan yang mereka perbuat. Intinya orang yang telah diselamatkan dapat jatuh dalam pelanggaran atau paraptoma.

 

Download langsung: Track14.wma

 

15 Menabur dan Menuai

 

Hukum tabur-tuai dijelaskan oleh Kitab Suci. Bagaimana ajaran Alkitab tentang hukum tabur-tuai ini? Apakah hukum ini sama seperti hukum natural tentang tabur-tuai? Anda boleh download dan dengarkan pembahasan tentang hukum tabur-tuai di sini!

 

Download langsung: Track15.wma

 

16 Bermegah Hanya di dalam Salib Kristus

 

Ketika banyaka orang bermegah pada hal-hal duniawi, harta, materi, pendidikan, pengetahuan dan hal-hal lainnya, Paulus justru bermegah pada Salib, sebuah lambang kutuk, lambang hukuman bagi seorang penjahat. Mengapa Paulus berani berkata hanya mau bermegah di dalam Salib Kristus? (1) Karena salib adalah lencana iman Kristen; (2) Karena salib adalah tanda kerusakan/ kebobrokan universal manusia; (3) Karena salib adalah tanda penebusan dan keselamatan serta pengharapan kemuliaan kita.

 

Download langsung: Track16.wma

 

17 Tanda-Tanda Milik Tuhan

 

Untuk membuktikan otoritas kerasulan Paulus yang mulai diragukan oleh jemaat-jemaat di Galatia, bukan untuk menunjukkan kesombongan, Paulus menunjukkan penderitaan dan luka-luka sebagai resiko memberitakan Injil sebagai tanda-tanda bahwa dia adalah milik Tuhan. Mengapa Paulus melakukan ini? Silahkan download dan dengarkan audio ini!

 

Download langsung: Track17.wma